Gejala Penyakit Kencing Manis (Diabetes Melitus)

1 min read

Gejala Penyakit Kencing Manis (Diabetes Melitus)

Kencing manis atau dalam dunia kedokteran yaitu diabetes melitus, penderita penyakit kencing manis saat ini semakin meningkat pada tahun 2007 saja meningkat dari 5,7 persen meningkat hingga 6,9% pada tahun 2013.

Diabetes melitus menjadi penyebab ketiga penyakit mematikan di dunia dan jika di atasi secara tepat akan bertambah setiap tahunnya. Biasanya diabetes melitus menyerang sesorang yang berusia antara 30-40 tahun.

Namun pada saat ini penderita penyakit diabetes melitus bukan hanya menyerang orang tua saja, anak muda juga rentan terkena penyakit tersebut karena gaya hidup jaman sekarang yang serba instan.

Oleh sebab itu untuk mendeteksi penyakit kencing manis kita harus tahu apa saja si gejala penyakit diabetes melitus itu? mari simak ulasan berikut.

Gejala Awal Penyakit Diabetes Melitus Yang Harus Kita Tahu

Ada beberapa gejala penyakit diabetes dan karena diabetes dibagi menjadi dua yaitu diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua dan gejala yang ditumbulkan juga berbeda seperti berikut ini.

1. Gusi Memerah dan Bengkak

Diabetes melitus memang penyakit yang mengerikan karena dapat menyerang sistem kekebalan dalam tubuh, rentan terhadap penyakit bahkan bagian tubuh yang tidak terkontak langsung dapat rusak.

Seperti pada bagian rahang gigi dan gusi misalnya resiko terkena infeksi semakin besar jika anda mengidap diabetes melitus bisa saja bengkak dan gusi memerah itu merupakan gejala awal dan anda harus konsultasikan ke dokter tidak semua gusi memerah dan gigi infeksi merupakan tanda-tanda terkena penyakit diabetes melitus.

2. Kaki Kesemutan

Pada fase ini gejala awal yang ditimbulkan dari penyakit diabetes melitus juga dapat menyerang sistem saraf pada tubuh, pada bagian kaki umumnya akan sering merasakan kesemutan yang berlebih pegal-pegal dan bahkan mati rasa.

Biasanya gejala yang dirasakan seperti akan terasa lama bahkan sampai berbulan bulan malahan biasanya yang menderita tidak menyadari bahwa tanda-tanda tersebut adalah tanda penyakit diabetes.

3. Pandangan Mata Terganggu

Diabetes bahkan tidak menyerang pada bagian tubuh saja melainkan sistem penglihatan manusia saja bisa terganggu oleh nya, itu disebabkan oleh kondisi gula pada darah yang terlampau tinggi dapat memicu gangguan saraf mata atau yang biasa disebut dengan retinopati diabetikum.

Efek buruk jangka panjang jika tidak diobati dengan tepat dan cepat diabetes dapat membutakan penglihatan. Oleh sebab itu harus kita kontrol tekanan darah setiap saat.

4. Rentan Terkena Penyakit

Karena sistem kekebalan tubuh yang lemah penderita penyakit kencing manis atau diabetes melitus akan sering atau rentan terhadap berbagai penyakit.

Bahkan infeksi kulit sangat beresiko sekali luka yang tadi awalnya sepele bisa menjadi malapetaka kalau tidak ditangani dengan cepat, penderita diabetes jika sudah positif haruslah sering kontrol kedokter terdekat setiap mengalami keluhan atau dalam keadaan normal agar nantinya tidak kambuh lagi.

5. Sering Buang Air Kecil

Penderita penyakit diabetes akan sering merasakan buang air kecil walaupun air yang keluar itu sedikit hal ini dipengaruhi karena ginjal beresiko terkena dampak dari diabetes ini.

Seringkali akibat terlalu sering buang air kecil mengakibatkan penderita mengalami dehidrasi yang tinggi.

6. Berat Badan Turun Drastis

Hal ini mungkin tidak dirasakan atau dianggap sepele karena kebanyakan orang sangat senang dengan berat badan yang turun, padahal apabila tadinya memiliki berat badan yang cukup tinggi lalu turun dalam waktu kurun waktu yang singkat.

Itu merupakan tanda awal terjadinya penyakit diabetes melitus, walaupun pada fase tersebut nafsu makan itu sebenarnya sedang tinggi-tingginya.

Order Via Whastapp 085692897405